Minggu, 06 Mei 2018

House Keeping

Definisi Housekeeping Derpartment
Housekeeping atau tata graha merupakan salah satu department yang berada dibawah dari room devision. Anda pasti belum mengetahui apa itu house keeping?, housekeeping terdiri dari kata house yang berarti rumah dan keeping berarti menjaga jika kita artikan maka housekeeping akan berarti menjaga rumah.


Namun dalam arti luas housekeeping adalah salah satu bagain  atau department yang ada di hotel yang bertugas menjaga, merawat, dan membersihkan serta memelihara rooms atau kamar kamar hotel maupun area diluar kamar hotel atau area yang tergolong kedalam area umum (public areas) di hotel agar tetap nyaman, indah, dan aman. Yang mana saja yang termsuk kedalam area umum atau publik di hotel?, berikut area area umum yang ada di hotel:
1. Lobby
2. Corridor
3. Ballroom atau Meeting Room
4. Swimming Pool
6. Kids center
7. Lounge
8. Sport center
9. Dll
Selain beberapa hal diatas. Mungkin anda yang belum tahu akan bertanya: Apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab housekeeping department?, ada beberapa hal pokok yang menjadi tugas dan tanggung jawab dari housekeeping department.
Tugas Pokok & Tanggung Jawab (Duties and Responsiblelities) Housekeeping Department antara lain:
1. Memelihara & Membersihkan kamar kamar tamu di hotel
2. Menjaga kebersihan area area umum hotel atau public area
3. Melaporkan status kamar ke bagian front office
4. Menjaga kebersihan linen hotel
5. Merawat peralatan kerja housekeeping
6. Menata kamar agar terlihat indah dan bersih
Housekeeping department terbagi menjadi beberapa seksi atau section:
1. Room Section
2. Public Area Section
3. Laundry Section
4. Linen Section & Storekeeper
5. Dll
Demikian sekilas informasi yang dapat saya tulis dan sampaikan tentang Pengertian Housekeeping dan Tugas serta tanggung jawab housekeeping department semoga bisa menambah wawasan kita semua dan bermanfaat bagi kalian yang inggin terjun ke indrustri hospiltality.

0 komentar:

Posting Komentar

Sistem pelayanan di restaurant

Sistem pelayanan restoran secara umum terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu: a. Table Service Table service adalah suatu sistem pelayana...