Minggu, 06 Mei 2018

Basic Cooking Method

Bagi Anda yang baru ingin terjun dalam dunia kuliner, penting sekali untuk mengetahui Basic Cooking Method atau metode dasar di dalam memasak. Metode – metode ini akan sering digunakan di dalam dunia kuliner nantinya.


Dry-Heat Cooking Methods
1. Sauteing yaitu cara memasak dengan menggunakan sedikit minyak panas diatas penggorengan atau biasa kita sebut dengan menumis.
2. Pan-frying yaitu cara memasak dengan mencelupkan sebagian besar bagian makanan ke dalam minyak panas.
3. Deep-frying yaitu cara memasak dengan memasukkan seluruh bagian makanan ke dalam minyak panas.
4. Grilling yaitu memanggang atau membakar bahan makanan secara langsung, diatas api.
5. Broiling yaitu cara memasak secara cepat dimana bahan
makanan kontak langsung dengan panas api, broiling ini dapat digunakan pada daging atau ikan yang lembut.


Sumber foto http://www.ciakids.com

6. Roasting adalah metode memasak dengan menggunakan panas api (memanggang) dengan potongan daging yang besar. Tidak ada cairan (air atau pun minyak) ditambahkan untuk menutupi panggangan. Biasanya untuk proses memanggang yang panjang.
7. Baking adalah bake atau biasa untuk membuat roti, pastry. Proses bakingbiasanya menggunakan oven.
Moist-Heat Cooking Methods
8. Poaching adalah Memasak dengan menggunakan air, namun sebelum airnya mendidih. Seperti merebus telur. Istilah yang biasa digunakan adalah poach egg.
9. Simmering : Seperti membuat beef gulas, dengan menggunakan api kecil direbus dengan menggunakan api kecil sampai berwarna.
10. Boiling yaitu teknik memasak dengan merebus. Misalnya untuk membuat chicken stock.
11. Steaming yaitu mMemasak dengan menggunakan uap panas atau biasa dikenal dengan mengkukus.
12. Blanching : Proses memasak sayuran dengan cara direbus sebentar, kemudian angkat.
Combination Cooking Methods
13. Braising : A slow moist-heat cooking method.  Metode memasak dengan menggunakan cairan/minyak sedikit dan sedikit kelembaban.
14. Stewing : Metode memasak yang lambat dengan menggunakan kandungan air didalam bahan makanan itu sendiri, dengan ditambahkan sedikiti cairan tambahan seperti stok, saus, dan mentega. Memasak daging yang berkuah contoh : semur.
15. Tagine : Cara memasak daging kambing yang dicampur dengan buah, bisa dengan direbus dengan menggunakan kuali yang terbuat dari tanah liat. Di middle-east proses memasak ini dilakukan di tanah yang digali. Merupakan masakan ala Maroko.

0 komentar:

Posting Komentar

Sistem pelayanan di restaurant

Sistem pelayanan restoran secara umum terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu: a. Table Service Table service adalah suatu sistem pelayana...